Jumat, 25 Januari 2013

HTML 5


HTML5 adalah versi terbaru teknologi hypertext/web yang sekarang ini masih dalam tahap pengembangan. HTML5 ini akan menjadi trend teknologi internet masa depan karena sudah diperkaya dengan fitur-fitur ungulan yang tentunya akan menjadi standard pengembangan media informasi berbasis web.
Sekarang HTML5 sudah mulai digunakan pada beberapa situs-situs besar sebagai uji coba kelayakan fitur serta teknologi baru yang masih terus dikembangkan dari versi sebelumnya yaitu HTML 4.01. Fitur serta perbaikan yang ditanamkan dalam teknologi ini dintaranya adalah video dan audio, database lokal dan css3. Ada beberapa tambahan elemen serta atribut yang memungkinkan HTML5 ini lebih baik dari sebelumnya, walaupun secara mendasar perintah-perintah yang digunakan sangat mirip dengan HTML versi 4.01.
Contoh Struktur Dasar HTML5
<!doctype html>
<html>
  <head>
    <meta charset="UTF-8">
    <title>Judul halaman</title>
  </head>
  <body>
    <p>Contoh Isi Halaman</p>
  </body>
</html>
Dari beberapa referensi yang saya baca, fitur yang dominan dalam HTML5 ini yaitu :

Dalam HTML5 kita bisa menambahkan video dan audio lebih mudah tanpa memerlukan komponen/librari tambahan.
<video>...</video>
<audio>..</audio>

HTML5 menyediakan cara menanamkan objek gambar secara instan dengan fitur <svg>...</svg> untuk menambahkan jenis gambar SVG(Scalable Vector Graphics) dan <canvas>..</canvas> untuk membuat gambar.

HTML5 juga menambahkan fitur aplikasi yang diperkaya dengan database lokal sehingga memungkinkan informasi disajikan lebih dinamis.
Selain tambahan fitur-fitur diatas masih banyak lagi yang lainnya seperti penambahan objek form dengan input tanggal, bulan, tahun, pengecekan form, dll, penambahan struktur seperti header, footer, article, dll. Selain penambahan struktur penulisan juga kemungkinan akan ada pemangkasan perintah-perintah yang dirasa kurang optimal.
Karena html5 ini masih dalam tahap pengembangan maka sekarang ini para pengembang perangkat lunak browser juga berlomba dalam mengembangkan aplikasi yang mereka buat agar nantinya pada saat resmi diluncurkan HTML5, semua browser sudah mendukung.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar