Sabtu, 29 Oktober 2011

Sosialisasi adalah sebuah proses penanaman atau transfer kebiasaan atau nilai dan aturan dari satu generasi ke generasi lainnya dalam sebuah kelompok atau masyarakat. Sejumlah sosiolog menyebut sosialisasi sebagai teori mengenai peranan (role theory). Karena dalam proses sosialisasi diajarkan peran-peran yang harus dijalankan oleh individu. Sosialisasi mempunyai berbagai macam. Dimana sosialisai itu sendiri dapat sering kita di jumpai dalam kehidupan bermasyarakat. Menurut hakikatnyaManusia adalah Mahluk Sosial yang berarti manusia membutuhakan orang lain dalam kelanggsungan hidupnya. Karena di zaman millennium ini manusia tidak bias menjadi makhluk Individual.

Sebagai Pemuda, sosialisasi penting untuk kita. Dimana jika kita bersosialisasi akan memperbanyak pertemanan,mengenal berbagai macam orang, dan mempunyai pengalaman. Wadah sosialisai pemuda sudah sangat banyak sekarang. Contohnya wadah sosialisasi di lingkungan masyarakat ada karang Taruna, Pengajian , dan perkumpulan pemuda lainnya. Selain di lingkungan masyarakat sosialisai di lingkungan kampus juga sangat penting kita ikuti. Seperti BRF,BEM dan HIMTI. Karena kita dapat saling shearing berbagai hal seperti tugas kampus,masalah-masalah yang di alami saat kuliah dan lain-lain. Sebagai pemuda kita perlu juga berhati-hati bersosialisasi dengan lingkungan. Karena jika kita tidak berhati-hati kita akan masuk ke strata sosial yang salah. Contoh bersosialisasi dengan pengedar dan pemakai narkoba. Kita boleh mengenal orang tersebut, tapi kita tidak boleh terlalu jauh bersosialisasi dengan dia. Just now again. Hal yang harus di perhatikan saat kita bersosialisasi di tempat yang baru adalah Ucapan. Karena jika kita salah berucap maka akan sangat fatal. Kedua adalah sopan-santun, karena sopan dan santun adalah hal yang sangat penting saat kita bersosialisasi di tempat baru. Karena orang akan hormat jika kita mempunyai rasa sopan santun di mana pun kita berada. Jika Proses sosialisasi. Komunikasi yang bagus dan wawasan kita yang luas akan sangat mudah dalam proses sosialisasi di mana pun kita berada.

Perlunya bersosialisasi sebagai pemuda akan berdampak kemudahan dalam menjalani hidup. karena manusia akan selalu membutuhkan orang lain.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar