Sabtu, 29 Oktober 2011

Warga Negara dan Negara


Kali ini saya akan sedikit membahas tentang Warga Negara dan Negara. Apa hubungannya?? So cEkIDoT..

Warga Negara adalah orang-orang yang menjadi bagian dari suatu penduduk yang menjadi unsur suatu negara.
Negara adalah suatu wilayah di permukaan bumi yang kekuasaannya baik politik, militer, ekonomi, sosial maupun budayanya diatur oleh pemerintahan yang berada di wilayah tersebut. Negara juga merupakan suatu wilayah yang memiliki suatu sistem atau aturan yang berlaku bagi semua individu di wilayah tersebut, dan berdiri secara independent.

Jadi kita semua yang tinggal di Indonesia adalah Warga Negara Indonesia. Apa yang telah kita berikan kepada Negara???

Sebagai warga Negara kita wajib dan perlu membela Negara. Selain bela Negara, kita juga wajib menjaga persatuan dan kesatuan Negara. Dan Negara wajib memberikan hak-hak bagi warga negaranya. Negara wajib melindungi warganya yang berada di luar wilayah Kesatuaan Negara. Seperti kasus yang saat ini lagi Booming yaitu kasus hukuman mati para TKI di Arab Saudi. Negara wajib membela hak-hak warganya di Negara lain dengan berbagai cara agar warganya bebas dari hukuman mati.

Di zaman saat ini, pemuda dan pemudi bangsa kurang memiliki keperdulian terhadap negaranya. Mereka banyak yang tidak tahu tentang sejarah Negara dan bangsanya. Bahkan hari raya sumpah pemuda banyak yang tidak mengetahuinya. Semua itu terjadi karena kurang rasa keperdulian terhadap negaranya. Padahal Negara itu secara umum mempunyai tujuan untuk mensejahterakan rakyat dan mencapai cita-cita bersam demi kemajuan. Walaupun dalam kenyataannya masih banyak kekurangan. Saya dapat menggamvil contoh Negara China dan korea. Sebagai warga negara  yang berumur 17thn keatas, diwajibkan mengikuti Wajib militer kurang lebih selama 3-5 tahun. Itu di lakukan agar stiap warga Negara dapat membela negaranya dari serangan dan ancaman negar lain suatu saat. Perlunya rasa kepedulian terhadap Negara menjadi wajib kita lakukan sebagai generasi Penerus bangsa untuk menjalankan roda pemerintahan Indonesia agar kita dapat mewujudkan nilai-nilai luhur bangsa selamnaya. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar