Rabu, 20 Maret 2013

Perkembangan IT di Indonesia untuk tahun 2013


Sebelumnya di tahun 2012, banyak gebrakan terjadi di dunia ICT. Peluncuran Galaxy SIII dan Galaxy Note II oleh Samsung disusul oleh peluncuran iPad mini dan iPhone 5 oleh Apple menjadi bahasan hangat dan yang diingat selama 2012. Selain itu, Apple merilis OS X terbaru yaitu Mountain Lion dan Microsoft juga merilis Windows 8 serta Windows Phone 8 di penghujung tahun.
  
Mozilla juga tak mau kalah dengan memperkenalkan Boot To Gecko di awal tahun 2012 hingga kemudian berubah nama menjadi Firefox OS. Itu hanya sebagian kecil dari terobosan yang dilakukan para pemain besar di dunia ICT.

Lalu, bagaimana dengan 2013? Berikut beberapa hal yang patut kita nantikan di tahun 2013: 

1. Munculnya Firefox OS ke pasar
Mozilla menargetkan akan memasarkan perangkat Firefox OS pada awal tahun 2013 di Brazil bekerjasama dengan Telefonica. Sistem operasi open-source ini berbeda dengan sistem operasi mobile lainnya karena keseluruhannha berbasis web yaitu HTML5, CSS dan Javascript ditambah berbagai WebAPI yang memungkinkan untuk berinteraksi dengan fitur-fitur hardware yang ada seperti sensor, NFC, Bluetooth dan sebagainya. Telefonica pun menargetkan untuk merilis perangkat bergerak dengan Firefox OS dijual dengan harga di bawah $100. Semoga hal ini juga terjadi di Indonesia.

Untuk mempersiapkan ekosistem aplikasi, Mozilla menyelenggarakan Firefox OS App Days di berbagai kota di dunia termasuk di Jakarta. Khusus di Jakarta, acara ini akan diadakan pada tanggal 21 Januari 2013 di Hotel Borobudur, Jakarta.

2. Hadirnya Blackberry 10
Setelah ditunda terus, akhirnya RIM akan merilis Blackberry 10 beserta perangkatnya pada tanggal 30 Januari 2012. Dikabarnya, RIM juga akan merilis dua perangkat BB10 sekaligus pada tanggal tersebut yaitu L-Series untuk full-touchscreen device dan N-Series untuk touch-keyboard device. Gambar dugaan dari kedua perangkat tersebut sudah menyebar luas di Internet.

3. Samsung akan merilis Galaxy SIV
Agar tidak tertinggal dari Apple, Samsung akan bergerak cepat dengan merilis Galaxy SIV di tahun 2013. Suksesor dari Galaxy SIII ini dikabarkan akan disematkan sebuah stylus yang sama dengan Galaxy Note II. Apakah Galaxy SIV akan menjadi kombinasi antara Galaxy S dengan Galaxy Note? Kita lihat saja nanti.

4. Apple sedang mengembangkan ‘iTV’
Apple digadag-gadagkan akan memperkenalkan ‘iTV’ di akhir tahun 2013. Meskipun kabar ini sudah lama tersiar, namun belum ada satu pun gambar leaked dari produk ini. Menurut kabar yang beredar, kendala utama dari ‘iTV’ adalah perjanjian dengan pemilik konten televisi jaringan yang tidak menemukan titik temu.

5. Apple akan merilis iPad 5th Generation dan iPhone 5S
Setelah di tahun 2012, Apple merilis iPhone 5 dan iPad 4th Gen yang super nanggung kemunculannya. Kelak pada Maret 2013, Apple akan merilis iPad 5th Generation dengan tampilan body yang serupa dengan iPad mini. Kemudian, di pertengahan atau akhir 2013, Apple akan merilis iPhone 5S yaitu iPhone 5 dengan beberapa perubahan minor seperti prosessor layaknya skema yang dilakukan pada iPhone 4S.

sumber
http://web.radiossfm.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar